Siapkan hati dan ilmu...

Assalamualaikum

Selamat pagi maniiiss.. *nyapa diri sendiri* :p
Salah satu tipikal saya yg seringkali dirasa berlebihan adalah over prepared everything..selalu mempersiapkan segala hal yang kadang too much. Misal nih, untuk hal sepele saya mau beli plastik tebal buat bikin box mika. Bisa nyari info disana-sini deh, mulai googling, tokobagus, facebook bahkan sampe telpon tokonya. Padahaaaaaalll itu mika dijualnya di toko plastik di pasar yang biasanya jadi satu sama bahan palstik rumah tangga, wkwkwkwkwk.
hal ini berlaku untuk hal-hal yang aku sukai sih, ga semua, wong pernah dulu tes cpns juga belajarnya asal-asalan,hihihiiii. Untuk saat ini yang jadi concern utama saya adalah all about being mom, all about having baby, family dan yang ada kaitannya deh.
Pernah nih beberapa waktu lalu sy ganti DP di bbm dengan pict berbau parenting. Tetiba ada sodara yang nyeletuk, "lapo seh lin belajar tentang anak, wong nikah ae durung" (pen : kenapa sih lin belajar tentang anak/parenting, padahal nikah aja belum). Kesan pertama adalah syok berat sempet speechless juga. Kaget karena yang ngomong itu barusan beberapa hari lalu nasehatin kesiapan nikah ke aku. Nah, siapa yang ga kaget coba? *gigitinbesi*. Okelah memang dalam hidup ini kita kudu siap ngadepin komen-an orang lain, yang pro maupun kontra. Kalo memang ada yang keliru ya diperbaiki dan kalo benar dan baik lanjutin aja, toh kita ga minta makan ama tuh orang,hehehe.
Entahlah saya selalu merasa semangat 45 kalo belajar tentang keluarga, parenting, gizi keluarga dan sebangsanya. Buat saya menikah, melahirkan anak ga cuma sekedar kita pindah status yang semula single jadi double bahkan triple. Kalo begitu, kucing juga bisa *eh. Tapi kita manusia, apalagi di jaman yang serba horor kayak sekarang. Horor kenapa? coba deh liat di tv banyak banget berita tentang kenakalan remaja, pasangan yang selingkuh tapi ga ngerasa salah, pembunuhan pacar karena cemburu, dll. Nah kalo bukan kita yang memperbaiki, siapa lagi?
Untuk itulah perlu ada generasi yang lebih baik yang tidak muncul ujug-ujug (pen : tiba-tiba). Generasi yang setidaknya muncul dari orang tua yang baik dan kalo ditelusuri lagi orang tua yang baik juga dulunya single yang bermartabat *tsah*. Ya masalahnya kadang setiap orang mungkin strating pointnya ga sama. Ada yang baru mulai perbaikan saat anaknya SMP, ada yang saat hamil. ada yang sebelum menikah. Beda- beda deh.
Apapun istilahnya, saya pingin banget punya anak yang sholeh-sholeha (mungkin karna aku belum sepenuhnya sholeha). Walau saya pernah baca, katanya jangan sampai keinginan kita agar orang lain jadi lebih baik mengalahkan keinginan kita sendiri untuk jadi lebih baik. Jadi sama-sama berusaha jadi lebih baik ya :D.
Balik lagi ke akar masalah,hehe, bagi saya belajar atau mempersiapkan untuk membangun sebuah keluarga tak hanya melulu soal materi, ada hati dan ilmu yang justru sangat penting. Pernah baca di sebuah buku tentang pernikahan di situ dituliskan di no urut satu persiapan membina rumah tangga adalah hati, mental kita, yang kedua ilmu. Kenapa hati dan ilmu?karena hidup ini penuh dinamika, kita ga selamanya dalam keadaan enak tanpa masalah. Masalah pasti ada, di situlah perlu hati yang ridho akan takdirNya dan sabar serta syukur menjalani setiap episode hidup. Bekal untuk sukses sabar dan syukur itu salah satunya dari ilmu, belajar dari Al Qur'an dan dari kisah orang2 hebat salah satunya Rasulullah Muhammad saw. Ilmu juga penting biar kita tahu apa tanggung jawab dan hak masing-masing anggota keluarga. Termasuk tentang parenting, ada banyak yang menurut saya banyak dipelajari.
Memang sih kita bisa belajar parenting dari orang tua kita sendiri, bagaimana cara mereka mendidik kita, tapi bukan berarti kita menutup diri dari ilmu parenting di luar sana. Toh dari pengalaman orang lain kita juga bisa belajar mendidik anak-anak.
Materi juga penting tapi bukan urutan pertama, maaf saja tapi buat saya menunda menikah hanya demi mapan dahulu itu bukan aku banget deh. Silahkan kalo ada yang begitu, tapi bukankah janji Allah akan memampukan hambaNya yang menikah.
Nah, begini ini kalo uda nulis suka melebar kemana-mana, hehe. Intinya kenapa saya nulis ini karena sy pengen sy dan generasi yg akan datang menjadi jauh dan jauh lebih baik dengan mempersiapkan diri. Jangan bilang hanya mempersiapkan mental atau hati, ilmu juga penting. Bagiku semacam bunuh diri kalo ga ada persiapan ilmu, kecuali kepepet banget ya.

Wassalamualaikum

0 komentar:

Posting Komentar


up