Dermatitis Seboroik... #akurapopo

Asslamualaikum..

Hmmm..akhirnya nulis juga setelah sempet nunda-nunda. Postingan kali ini aku ingin share tentang pengalaman perdana sebagai penderia Dermatitis seboroik(DS) . Mengenai DS itu apa bisa lah ya googling,hehe,maaf bukan bidangku untuk menjelaskan daripada nanti salah.
Ga nyangka banget kalo aku ternyata jadi salah satu penderita DS,hehehe...Untuk lebih memudahkan membayangkan gimana kena DS itu ibarat ente ngalami pergantian kulit atau istilah jawanya "mblodoki", kulit kering, kasar, ada bagian putih mirip jerawat bernananh gitu, dan yang pasti merah..daaaaaannn itu terjadi di muka seorang wanita *bayangkaaaannn ngeri ga tuh*. Ga usah ditanya deh berapa liter air mata yg terbuang karna kondisi ini,,hahaha..
Aku kurang tau pasti sebab utama kenapa bisa kena DS, bisa jadi karena hobiku suka ganti-ganti produk kecantikan dari dokter *ga ada maksud buat nakut-nakutin*. Entahlah tapi dari Agustus 2013 lalu ini wajah mulai nunjukin keanehan, mulanya hanya merah dan kering terus oleh seorang SpKK dikasi krim yang begonya sayaaa ga nanya itu krim apaan. Nah langsung dipakailah itu krim dan hasilnya cling,ilang merahnya sodara-sodara. Tapiiii kebahagiaanku ga tahan lama, selang beberapa hari muncul lagi. Kejadian itu berulang sampai ada kali lebih dari 5x. Saking takutnya kenapa, aku putuskan untuk mencari second opiniom ke SpKK di sebuah RS milik pemerintah. Di sanalah aku baru ngeh dan terdiagnosa DS oleh dokter tersebut. Akhirnya semua produk perwatan dari dokter yg sebelumnya kuhentikan pemakaiannya dan diganti dengan produk yg lebih gentle untuk kulitku yg sangat sensitif. Obat tambahan yang diberikan adalah jenis kortikosteroid oral dan topikal dengan kombinasi obat jamur,wkwkwkwk...malu gileee pas beli ini di apotek umum. Dan kalo orang bilang sehat itu mahal, bener banget tuh. Jangan dikira cuma sakit kulit, justru obat kulit harganya ga main-main :)
Setelah satu bulan terapi alhamdulillah kulit wajahku bersih, halus *karna sebelumnya kasar kayak parutan* and no jerawat any more. Tapiiiiiiii....rupanya ketegaranku diuji kembali *ceilehhh* ga ada angin ga ada badai mulai lah kambuh merah-merah di wajah. Untung masi ada sisa obat oles sebelumnya. Memang rada menghawatirkan juga dengan kondisi kekambuhan ini dan dari berbagai sumber yg aku baca DS bersifat kronis. 
Okelah..saat ini hati dan kulitku sudah mulai bersahabat dengan DS *kantong juga ding*. Siklus kulit bersih hingga kambuh lagi sekitar seminggu dan ini sudah berlangsung dua bulan. Aku juga sudah berusaha lebih aware sama makanan dan cuaca yg sekiranga akan memicu DS. Beberapa makanan yang jadi pantanganku adalah telur dan seafood. Wolaaaaa....sisi positipnya sekarang aku jarang jerawatan,hihihii dan ga pernah pakai  krim macem-macem selain pelembab dan sunblock.
Kadang ada sih ngerasa sedih, cumaa kudu segera berpikir positif. Biasanya hal yang dijadinkan penyemangat adalah :
1. Masih untung DS nya cuma di wajah, coba kalo seluruh tubuh...woooww
2. Ini penyakit emang gampang kambuh, tapi kan uda ada obatnya..asal pakainya tidak berlebihan.
3. Sakit ini masih ga ada apa-apanya dibanding mereka yang sakit dan harus dirawat di rumah sakit.
Alhamdulillah...

Pesenku sih, setiap wanita memang punya naluri untuk terlihat cantik tapiii hat-hati. Sekalipun pakai produk dokter kulit tetep usahakan untuk menanyakan komposisi dan efek produk tersebut. Dan yang terpenting apapun itu bersyukurlah. Disyukuri aja wajah unyu pemberian Allah ini, kalo kata cherrybelle *bener ga tuh nulisnya* "kamu cantik, cantik dari hatimu" :)

Wassalamualaikum

6 komentar:

Unknown mengatakan...

Sekarang gimana? Udah sembuh? Aku juga ngalamin diwajah aduh

Unknown mengatakan...

Mba gimana kondisinya sekarang? Apa masih kambuh, suami saya kena dermatitis seboroik sudah diatas sepuluh tahun, kondisinya sekarang lagi parah-parahnya,

Unknown mengatakan...

aku juga kena DS.. sebagian kulit kepala hingga batas dahi trus dibelakang telinga kiri, sekarang aku cuma pake salep dan shampo dengan kandungan ketoconazole alhamdulillah sedikit berkurang, aku dengar penyakit ini gak bisa benar2 sembuh obat yang diberikan ya cuma menghambat aja gak bisa menyembuhkan.

Unknown mengatakan...

Ralat komen aku kemarin ya.. kemarin aku coba salep 88 alhamdulillah efektif kulitnya yg menebal berangsur hilang keraknya juga harganya juga gak mahal cuma 10 ribuan aja jauh lebih murah dari obat kemarin yg aku pake yaitu krim salep dan shampo ketoconazole,trus banyak ditoko obat juga. Bagi teman2 sesama penderita DS cobalah,siapa tahu bisa mengobati tuntas.

Unknown mengatakan...

Udah 7bln gaimana hasilnya? Yg pakai saleb 88

Unknown mengatakan...

Udah 7bln gaimana hasilnya? Yg pakai saleb 88

Posting Komentar


up