Jangan dibanding-bandingkan

Assalamualaikum..

Mumpung lagi kesambet nih,,sehari nulis dua tulisan *jarang-jarang nih*. Kali ini cuma pengen nyeritain pengalam orang lain yang kebetulan denger langsung.
Suatu hari ada saudara dan keluarganya yang datang ke rumah, biasa lah pasti kalo lagi kumpul-kumpul begini adaaaaaa aja bahan buat diobrolon apalagi emak-emak,hehe. Si saudara ini sebenanrnya ceritanya ke ortuku sih, tapi berhubung aku juga di TKP ya otomatis denger, masa iya mau nutup telinga,hehehe *alesan*. Intinya beliau cerita gimana salah satu anaknya ini, yang sudah berkeluarga *dua anaknya sudah berkeluarga*, menurut mereka kurang bisa bertanggung jawab terhadap keluarganya. Kenapa mereka bisa mersakana begitu?aku juga ga ngerti kebenarannya dan aku ga mau ngebahas disini, ga enak lah.
Tapi sodara sodara yang pengen aku bahas lebih lanjut dsini adalag nasehat emak ku. Sepulang saudara ini, malamnya biasa lah aku dan ibu ngobrol-ngobrol dan ga sengaja alurnya nyampe ke cerita tadi siang. Ibu berpesan kalo suatu saat nanti aku punya anak lebih dari satu *kalo sekarang aku anak tunggal* maka jangan sampai membanding-bandingkan anak kita sekalipun dengan saudara sekandung. Apalagi, kata ibu, sampai harus menceritakan sesuatu yang sebenernya ga enak didenger sama yang bersangkutan di depan saudara kandungnya langsung. Misalnya nih ada ibu yang cerita sama orang lain tentang sesuatu yang buruk pada anaknya A yang saat itu juga ada anaknya yg lain B. Apalagi jika kedua anak ini punya kehidupan yang berbeda, dari segi harta ataupun tingkat pendidikan, paham ga sih?hehe..
Kalo dipikir-pikir bener banget nih nasehat ibu, mari kita perinci one by one :
1. Mana ada sih orang yang sempurna tanpa satu kekurangan pun?kalo ada sini deh bawa di mari biar aku kasih duit,hahaha. Setiap orang pasti punya kekurangan dan kelebihan, entah itu yang lebih dominan mana tergantung banyak faktor. So, jahat banget kan kalo kita meremehkan orang lain trus menganggap diri kita paling baik *ke laut aje deh..*

2. Berdasarkan poin no 1 sudah pasti juga ga ada orang yang mau dibanding-bandingin. Apalagi yang paling sering anak keluarga A dibandingin sama anak keluarga B. Lah jelas-jelas genetik, pola asuh, apa yg dimakan aja beda mau disama-samain gimana coba. Kalau puuuuun alibinya adalah untuk memotivasi supaya si anak jadi lebih baik, ya pliiiiis deh kayak ga ada cara lain aja. *yuk mari sama-sama belajar parenting*

3. Dari sudut pandang orang tua nih, kayak gimana juga apapun sifat, sikap mereka ya mereka tetep anak dari orang tua tsb. Bisa jadi sikap mereka yang sekarang salaha satu nya adalah karena pola asuh orang tua di masa lalu. Jadi tolooong jangan diskriminasikan anak sendiri. Anak juga manusia, punya hati juga lhooo..

Disini saya bukan ingin menyalahkan orang tua, enggak sama sekali. Saya ga brani. Lha wong jelas-jelas dalam setiap ayat Al Qur'an perintah berbakti sama orang tua aja disandingkan setelah larangan syirik. Kurang berbobot apa coba kewajiban birul walidain. Hal yang pingin saya *eh kok jadi formal bgini yak* bagikan adalah jangan meremehkan orang lain, jangan diskriminasikan orang lain, terlebih pada anak sendiri. Ada cara lain yang lebih patut kalaupun ada masalah yang harus diselesaikan, ada cara yang lebih lembut untuk menyampaikan keluh kesah.

Wassalamualaikum

0 komentar:

Posting Komentar


up