Tak ada yang kebetulan

Assalamualaikum...
Pernah ga sih ngerasa hidup ini serba kebetulan?mau makan eh kebetulan ada yang traktir..mau beli hengpong baru eh kebetulan ada yang ngasih duit.
Tapi tapi tapi...sebenernya tak ada sesuatu yang kebetulan. Keterbatasan pengetahuan beberapa manusia saja yang membuat jadi terasa "kebetulan". Yap, beberapa saja karena beberapa yang lain paham bahwa segala kejadian terjadi tanpa istilah kebetulan.
Sebagai contoh simple ada seseorang mahasiswa pada ahir bulan yang belum mendapat kiriman dari orang tuanya terpaksa menahan lapar akibat tidak ada uang tersisa. Siangnya ternyata ada teman lain yang berulang tahun dan mengajak teman-temannya makan di kantin. Sekilas memang nampak kebetulan, tapi coba deh direnungkan sejenak alurnya. Anak yang berulang tahun ini apa kebetulan dia lahir di akhir bulan?tidak itu bukan kebetulan, itu takdir yang secara sempurna diatur oleh Alloh. Lantas uang yang dia pergunakan untuk mentraktir teman-temannya juga bukan suatu kebetulan. Malam sebelumnya ayahnya sengaja memberikan uang yang kalo mau dirunut akan panjang lagi ceritanya. Si anak tersebut bisa saja mempergunakan uang unuk membeli hal lain tapi kita lihat Alloh lah (jika bukan lalu siapa?) yang telah menggerakkan hatinya mempergunakan uang untuk traktiran. Selalu ada tangan-tangan Alloh di sekeliling kita. Begitulah satu takdir berhubungan dengan takdir yang lain, tak ada yang kebetulan jika kita yakin betul bahwa segala sesuatunya telah diatur oleh Yang Maha Kuasa.
Banyak contoh lainnya, seperti seseorang yang oleh Alloh ditakdirkan tidak diterima bekerja di perusahaan A. Baginya itu mungkin sebuah kegagalan tapi lihatlah kelak beberapa tahun mendatang bisa saja penolakannya di perusahaan tersebut sebenarnya adalah cara Alloh menjadikan ia sebagai pedagang sukses. 
Tentunya dalam setiap takdir ada syariat yang perlu dilakukan, ada kerja keras dan doa. Dia lah Alloh Dzat Yang Maha Lembut yang telah menggerakan hati hambaNya.

0 komentar:

Posting Komentar


up