Ayo berASI

Saat menjalani proses menyusui (mohon doanya agar bisa mengalami) salah satu hormon yg bekerja adalah hormon oksitosin. Hormon oksitosin diproduksi bila ujung saraf sekitar payudara dirangsang oleh isapan bayi. Oksitosin masuk ke dalam darah menuju payudara, membuat otot-otot payudara mengerut.

Refleks oksitosin lebih rumit dibandingkan refleks prolaktin, karena refleks ini berhubungan langsung dengan kejiwaan atau sensasi ibu. Perasaan ibu dapat meningkatkan dan menghambat produksi ASI. (Roesli, 2001). Seringkali ibu yang mengalami stres mengeluh ASI yang keluar sedikit. Begitu pula sebaliknya saat perasaan ibu tenang, bahagia maka ASI dengan derasnya diproduksi.

Subhanallah,,btapa Allah sangat menyayangi kita. Dia mendidik kita khususnya seorang ibu agar menjadi pribadi yg lebih sabar,,lebih tenang jiwanya,,lebih bisa mengontrol emosinya ketika stres melanda melalui PROSES MENYUSUI..Proses itu tidak hanya bermanfaat untuk bayi khususnya pada usia 0-6 bulan dalam pemenuhan gizinya tapi juga untuk kedewasaan sikap ibu

0 komentar:

Posting Komentar


up