Belajar Serba serbi makan

Assalamualikum..
Well.. Setelah beberapa waktu lalu sy lagi sensitif tingkat dewa gegara hal yg menurut sy prinsip. Sy--entah kenapa--selalu kesel kalo ada yg ngomong ga enak soal nuntut ilmu kaitannya dengan persiapan punya anak/parenting/seputar keluarga. Ya emang bener sih paling enak kalo bisa praktek langsung tapi kan secara, orang gila aja tau urusan jodoh atau punya anak itu dluar kuasa manusia, masa iya mau dipaksain. Prinsip sy selama belum ditakdirkan begitu ya persiapan ilmu yg bener. Kadang nih kalo pas lagi sewot gitu suka ngedumel kalo mereka yg sudah dikaruniai anugrah yg luar biasa malah sembarangan. Sembarangan dalam artian, contoh tidak memberika ASIX padahal tidak ada alasan medis baik dari ortu atau bayi. Dan salah satunya yg ingin sedikit sy bahas. Sy pribadi memang bukan dan belom expert bidang per-anak-an, bidang gizi. Ini berdasar pengalaman saya selama dulu jadi pendamping keluarga balita kurang gizi di Surabaya.
Dari pengalaman sy jadi pendamping, hal yang paling sering dicurhatin para emak adalah anaknya susah makan yg ujung2nya bikin grafik di KMS melenggang turun. Alhamdulillah sih mereka punya kekhawatiran kalo anaknya ga naik BB nya,hehehe. Penyebab anak ga suka makan sebenernya banyak faktor, bisa karna anak lagi sakit, sedang tumbuh gigi, suasana makan yg ga enak, makanan yg ga disukai anak, jadwal makan yang serabutan atau dari orang tua yg kurang kreatif dalam penyajiam menu makanan, de el el deh.
Tapiii dari pengalaman saya nih ya, kalo kesemuanya ditarik benang merah maka sebagian besar adalah kurangnya kemauan dan atau pengetahuan ibu supaya anaknya suka makan termasuk memberi makanan yg sehat. Alasan mereka biasanya karna tidak ada waktu, tidak mau ribet berkreasi lebih lama di dapur. Sebenernya mereka punya kemauan sih cuma ketika diberikan solusi malah jadi berkurang kemauannya, nah lhooo. Ujung-ujungnya para emak ini memberi susu formula, yakin deh produsen sufor lagi kegirangan. Sy sih bukan anti sufor tapi kesel aja kalo sufor dijadikan jalan pintas tanpa alasan medis yg jelas sesuai anjuran IDAI. Padahal anak usia 1 th ke atas kudunya dibiasain makan, pemenuhan gizi utama dari makanan, susu hanya pelengkap. Apalagi sekarang jargon gizi kita sudah bukan lagi empat sehat lima sempurna tapi gizi seimbang.  Masalah lain biasanya dari kebiasaan makan, pengaturan jadwal makan. Kebanyakak anak-anak ini dibiarkan jajan apa aja, yg biasanya minim gizi tapi bikin kenyang. Alhasil sudah kenyang duluan sebelum dapat makanan utama. Ngemilnya deket jadwal makan ya pasti si anak kenyang duluan. Kenapa ngemil duluan atau anak dibiarkan jajan duluan? Berdasarkan pengamatan dan wawancara saya sama emak2 itu biasanya karna memang mreka tidak terbiasa sarapan pagi, sibuk mengurus suami/rumah. Walhasil si anak yg laper dijejali jajanan luar. Memang tak semua tanpa gizi ada beberapa yg memberikan makanan tradisional seperti ketan, donat dll.
Sy jadi bersyukur banget. Ibu sy termasuk tipe orang yang berprinsip bahwa anak dan suaminya dilarang keluar rumah sebelum sarapan. Kebiasaan ini tertanam bertahun-tahun hingga sekarang. Jadi sesibuk apapun ibu, selalu membuatkan sarapan supaya perut kita ga kosong atau keduluan cemilan yg ga jelas. Love u mom. Hal yg sederhana tapi ternyata sekarang sudah langka. Berdisiplin dlm jadwal makan ini ternyata buat sy pribadi memberikan manfaat besar, diantaranya sy jadi berdisiplin dalam hal lain.
Kebiasaan makan keluarga tentu saja berdampak pada kebiasaan makan anak. Sy pernah lihat anak balita yg paginya sudah nyemil jajanan minim gizi, alhasil mreka jadi ogah makan karna uda kenyang duluan. Atau ada gitu anak umur 2 tahun yg paginya diberi sufor, jadinya males sarapan. Padahal kam umur segitu harusnya prioritas gizi dari makan makanan keluarga.
Satu hal lagi menurut sy pribadi nih ya, cara makan anak saat ini sedikit banyak adalah hasil dari gimana cara pertama ortu mengenalkan mreka terhadap makanan. Banyak orang tua yg cenderung memikirkan gimana nutrisi bisa masuk tapi lupa membuat anak mreka jadi menyukai aktivitas makan. Padahal food is more than just nutrition, makan bukan sekedar memberikan nutrisi. Ada banyak kebiasaan baik yg bisa kita ajarkan pada anak. Seperti bagaimana anak bisa menghargai makanan, sebelum makan berdoa, makam sambil duduk tanpa lari sana sini. Dan untuk umat islam bukankah salah satu momen baik untuk memberi nasehat kepada anak adalah saat makan.
Intinya sih sy berharap banget para orang tua punya kemauan besar supaya anaknya sehat dan suka makan utamanya yg sehat. Hal itu tentu saja perlu diimbangi dengan pengetahuan yg baik dan benar seputar gizi. Orang tua juga perlu membiasakan makan yg sehat dan benar.
Wassalamualaikum

0 komentar:

Posting Komentar


up